Healthy Moms… Healthy Baby…

Which foods are best?

Sering kali bunda mendapatkan saran untuk mengatur menu makanan saat kehamilan seperti  mengkonsumsi gandum, bubur bekatul (berasal dari kulit ari padi yang kaya vit.B), atau alpukat, yang mengandung nutrisi tinggi. Tetapi makanan-makanan tersebut bukan makanan yang biasa kita makan sehari-hari. Lebih baik jika para mums to be bersikap normally dan tidak merasa dalam control diet(pengaturan menu) yang berlebihan. Cukup dengan menu biasa yang bunda makan, namun memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Nutrisi Dasar yang dibutuhkan

# Protein

Protein merupakan nutrisi yang penting, bermanfaat untuk membentuk jaringan baru (pada janin) dan penting untuk pertumbuhan sekaligus perkembangan bayi bunda. Protein bisa didapat dari telur, ikan, daging, keju, produk olahan susu.

# Karbohidrat

Karbohidrat memberikan banyak energi dan tenaga. Karbohidrat berasal dari gula dan tepung(pati).  Tetapi lebih disarankan untuk mengkonsumsi tepung(pati) dari pada gula, karena tepung (pati) bisa menyimpan energi lebih lama dan memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Contoh karbohidrat yang bisa dikonsumsi sehari-hari seperti roti, pasta, nasi, kentang, dan sereal.

# Lemak

Fungsi lemak untuk membangun dinding sel dan penting untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Jadi meskipun bunda tidak boleh makan terlalu banyak, bukan berarti bunda tidak mengkonsumsi lemak sama sekali.  Lemak sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu lemak jenuh (lemak hewani, keju, dan mentega) dan lemak tidak jenuh (minyak biji bunga matahari, minyak zaitun). Namun kurangilah mengkonsumsi lemak jenuh, karena mengandung kolesterol tinggi.

# Vitamin

Vitamin penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa vitamin seperti vitamin B dan C tidak tersimpan di dalam tubuh, jadi bunda perlu mendapatkannya dari makanan (daily intake). Semua vitamin sangatlah bermanfaat bukan hanya untuk perkembangan janin tapi juga untuk sistem imun (kekebalan) bunda, produksi darah, dan sistem saraf. Contohnya asam folat yang penting dalam pencegahan spina bifida (kelainan pada tulang belakang) pada bayi.

# Mineral

Zat besi  diperlukan untuk proses kimiawi di dalam tubuh dan juga berperan penting dalam memproduksi haemoglobin dalam sel darah merah. Selain itu ada juga kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi, serta penting untuk masa kehamilan. Sedangkan zinc diperlukan untuk proses penyembuhan luka dan proses pencernaan.

Diet Seimbang

Pada masa kehamilan, bunda haruslah mengkonsumsi secara seimbang antara protein, vitamin, karbohidrat, lemak, dan mineral.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan infeksi:

1. Daging mentah/setengah matang (terutama babi dan unpasteurisasi susu kambing)

Mengandung toxoplasmosis

2.Makanan yang dibekukan (terutama ayam dan seafood)

Mengandung bakteri Listeria monocytogenes –> walaupun kasusnya sangat jarang, tetapi dapat menyebabkan keguguran

3. Daging ayam & unggas yang mentah/setengah matang

Mengandung bakteri salmonella yang menyebabkan demam, diare, dan dehidrasi (jika berlebihan bisa sampai keguguran)

4. Konsumsi Hati berlebihan

Karena hati mengandung vitamin A dosis tinggi yang menyebabkan kecacatan saat lahir

Lees,Christoph and McCartan, Grainne. Pregnancy Questions&Answers. page 132. DKpress:1997.London

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: