Menilik Kecerdasan Anak

Dr. Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan suatu produk yang benilai budaya.


Setiap anak memiliki kemampuan, kompentensi, dan ketrampilan yang berbeda-beda.  Dr. Gardner membagi kecerdasan menjadi delapan jenis kecerdasan berdasarkan berbagai jenis kemampuan, kompentensi, dan ketrampilan yang berbeda tersebut, yaitu:

1. Kecerdasan Verbal atau Linguistik

Kecerdasan verbal yakni kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Dalam kehidupan sehari-hari, kecerdasan verbal bermanfaat untuk berbicara, mendengarkan, membaca (apapun, mulai dari rambu lalu lintas sampai buku cerita), dan menulis (apapun, mulai pesan/email sampai puisi).

2. Kecerdasan Logis-Matematis (Logikal)

Kecerdasan logikal melibatkan ketrampilan mengolah kata dan/atau kemahiran anak dalam menggunakan logika atau akal sehat.

3. Kecerdasan Visual atau Spasial

Merupakan kecerdasan gambar dan visualisasi. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang(anak)  atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi.

4. Kecerdasan Bodily atau Kinestetik-Jasmani

Merupakan kecerdasan seluruh tubuh

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama musik, atau sekedar menikmati musik. Dalam kehidupan sehari-hari, anak mendapat manfaat dari kecerdasan musikal setiap kali anak menyanyikan lagu, memainkan alat musik, dan menikmati musik di TV, radio,dll.

6. Kecerdasan Interpersonal (antar individu)

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain, mulai kemampuan berempati pada orang lain sampai kempauan untuk berkelompok (group).

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan memahami diri sendiri dan kecerdasan mengetahui siapa diri kita sebenarnya.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita (anak). Ini juga mencakup kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam lain.

Syurfah, Ariany: Multiple Inteligence

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: