Seks Selama Kehamilan? Amankah?

Hampir semua wanita mengaku bahwa hubungan seks ketika hamil jauh lebih memuaskan. Hal ini dikarenakan tingginya kadar hormon, sehingga mereka lebih mudah terangsang dan lebih cepat mencapai orgasme dibanding ketika tidak hamil.

Namun, pada trimester pertama dan ketiga libido cenderung menurun, karena meningkatnya aktivitas hormon pada awal kehamilan yang menimbulkan rasa mual dan lesu, serta pada trimester akhir karena bentuk tubuh yang membesar.

Tidak ada alasan medis yang melarang moms melakukan hubungan seks ketika hamil karena rahim tertutup rapat oleh gumpalan lendir. Selama anda hanya melakukan hubungan seks dengan suami, ketika moms memang menginginkannya, dan tidak menggebu-gebu moms  boleh saja melakukan hubungan seks ketika hamil. Kecuali jika dilarang dokter atau bila kondisi moms tidak mengizinkan.

Seks juga baik untuk tubuh moms, orgasme berguna untuk melatih otot-otot rahim meski bisa terjadi kontraksi, yang biasanya akan hilang dalam beberapa menit.

 

Apakah seks berbahaya untuk bayi?

Tidak mungkin terjadi infeksi pada bayi karena bayi aman terlindung di dalam kantung amnion. Hubungan seks juga tidak akan menekan bayi.  Jika janin sudah tertanam dengan baik pada dinding rahim, hubungan seks tidak akan mengakibatkan keguguran/kelahiran dini. Kalaupun terjadi keguguran penyebabnya pasti bukan hubungan seks.

 

Kapan tidak boleh melakukan hubungan seks?

  • Jika terjadi pendarahan, segera berobat ke dokter dan jangan dulu melakukan hubungan seks.
  • Jika pernah keguguran, minta nasihat dokter. Mungkin moms disarankan tidak melakukan hubungan seks pada awal kehamilan sampai janin benar-benar tertanam dengan baik di dinding rahim.
  • Kalau gumpalan lendir di leher rahim terlepas atau kalau ketuban pecah, ada resiko terjadi infeksi

 

Referensi:

Stoppard, Miriam. Kehamilan dan persalinan. Jakarta : Gaya Favorit Press, 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: