Bagaimana Menentukan Hari Subur?

Moms ingin segera hamil? Pastikan, moms mengenal siklus haid setahun terakhir. Karena melalui siklus haid ini bisa diperkirakan kapan hari subur terjadi. Artinya, saat dimana sel telur keluar dari folikel dan ditangkap fimbria ovarica di ujung aluran telur.

Hal ini penting dilakukan mengingat usia sel sperma maupun sel telur yang terbatas. Karena, bila selama kurun waktu 1 hari setelah ovulasi/kematangan sel telur tidak bertemu dengan sel sperma, maka sel telur akan mati. Demikian juga sebaliknya dengan sel sperma rata-rata hanya mampu bertahan selama 2-3 hari di dalam saluran reproduksi wanita.

Ovulasi biasanya terjadi 14 hari menjelang haid yang akan datang. Jadi, siklus haid 30 hari, maka perkiraan masa subur adalah hari ke-16 dihitung dari hari pertama haid. Dengan perkiraan H-2 sampai H+2 merupakan masa subur, mulai hari ke-14 sampai dengan hari ke-18. Jika melakukan senggama pada masa ini, maka kemungkinan dapat terjadi kehamilan.

Memperkirakan hari subur ini akan mudah bila wanita memiliki siklus haid yang teratur. Bila haid moms tidak teratur, bisa mencobanya dengan cara lain misalnya, mengukur suhu basal tubuh setiap pagi.

Biasanya menjelang ovulasi suhu tubuh akan meningkat dari suhu tubuh sebelumnya. Selain itu, lendir dalam vagina jumlahnya lebih banyak, seperti putih telur mentah pada masa subur.

Bila ingin segera hamil, selain mampu memperkirakan hari subur wanita, juga melakukan senggama teratur. Saat senggama yang tepat dapat dicapai dengan melakukan 3-4 kali dalam seminggu. Senggama yang terlalu sering juga tidak baik karena jumlah dan kualitas sperma berkurang. Sementara senggama yang dilakukan terlalu jarang akan menyebabkan sperma terlalu matang atau mati, sehingga kemampuan untuk melakukan pembuahan menurun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: