Back Pain in Pregnant Mom

Nyeri Pinggang dan Punggung pada Wanita Hamil

Nyeri pinggang merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang dengan    berbagai faktor penyebab dan dapat dialami oleh mayoritas orang dewasa baik pria    maupun wanita.

Keluhan yang paling banyak dirasakan oleh wanita hamil adalah nyeri pinggang    akibat perubahan postur tubuh dan          pembebanan berlebih yang progresif selama masa kehamilan.

Meskipun bukan tergolong keluhan yang membahayakan, namun jika dibiarkan        berlanjut dan tidak ditangani secara tepat maka keluhan ini dapat mengganggu aktivitas rutin dan dapat berlangsung hingga ibu usai melahirkan.

“Perawatan Punggung”         –>  Cara Menghindari Nyeri

#Pakailah sepatu bertelapak rendah selama masa kehamilan agar tubuh anda lebih     nyaman dan mengurangi risiko jatuh.

#Berbelanja

  • Hindari membawa beban berat.
  • Kemas dan bawa barang bawaan anda tetap    seimbang.
  • Mintalah bantuan keluarga atau orang lain untuk membawakan barang-barang    belanjaan anda lainnya.

#Melakukan pekerjaan Rumah Tangga

  • Posisikan tubuh anda senyaman    mungkin dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.
  • Lakukan pekerjaan dalam durasi yang singkat dan istirahatlah.
  • Lakukan pekerjaan yang anda rasa penting dan hentikanlah sebelum timbul rasa nyeri !

#Mengangkat Barang

  • Hindari memberikan beban berlebih pada satu sisi tubuh.
  • Hindari mengangkat barang berat jika memungkinkan.
  • Bila memang harus mengangkat barang, hindari posisi membungkuk       melainkan tekuk kedua lutut dan pertahankan punggung tetap lurus.

#Duduk

  • Hindari duduk membungkuk.
  • Duduklah tegak dengan meletakkan bantal kecil pada belakang pinggang anda.
  • Duduklah pada kursi berlengan untuk membantu anda berdiri.
  • Duduk bersila di lantai dapat      membantu meluruskan punggung dan terasa nyaman.

Latihan-latihan yang dapat Moms lakukan

  • Latihan rutin dikombinasi dengan diet  sehat dan seimbang dapat membantu mengembalikan kekenyalan dan fleksibilitas otot serta membantu anda lebih bugar.
  • Lakukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh anda, jangan melakukan gerakan yang berlebihan. Selalu konsultasikan kepada  dokter atau fisioterapis anda.
  • Jalan dan berenang ideal untuk dilakukan selama kehamilan. Berenang membantu mengurangi beban tubuh dan sebagai       relaksasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: