Hamil Kembar

Kembar dibagi dua, yaitu:

1. Kembar identik

Terjadi karena fertilisasi satu sel telur yang membagi diri menjadi dua sel terpisah. Jenis kelaminnya selalu sama dan kedua bayi mirip. Terdapat satu plasenta, tapi tali pusat dan kantong amnionnya sendiri-sendiri.

2. Kembar non-identik

Hasil fertilisasi 2 sel telur oleh 2 sperma. Masing-masing mempunyai plasenta sendiri dan mereka mungkin tidak mirip seperti dua anak dalam satu keluarga.

Mungkin dokter sukar mengetahui bahwa anda hamil kembar, tapi mereka akan menduganya jika:

  • ada keturunan kembar dalam keluarga anda
  • rahim lebih besar dari umur kehamilan
  • terdengar 2 detak jantung ketika didengar dengan stetoskop elektronik janin
  • pada kehamilan lanjut teraba ada 2 kepala serta 2 pasang lengan dan kaki
  • pemeriksaan ultrasonografi memberi kepastian adanya 2 bayi dan biasanya sudah dapat dipastikan sejak minggu ke delapan.

Anda mendapat perawatan kehamilan khusus dengan penekanan untuk mencegah anemia. Anda disuruh banyak istirahat agar tekanan darah tetap normal dan mengurangi sensitifitas rahim agar tidak melahirkan premature. Kehamilan kembar akan menambah beban pada sendi dan jaringan ikat, maupun organ-organ pencernaan. Keluhan ringan yang mengganggu seperti perut kembung dan gangguan pencernaan (dispepsia) harus segera ditangani.

Rahim yang sangat besar juga bisa menyebabkan sesak napas, wasir, vena varicosa, dan keluhan perut. Bila gejala awal dari kelainan itu muncul segera hubungi dokter untuk mendapat bantuan, saran dan tindakan.

Letak dari bayi kembar yang sering dijumpai adalah keduanya dalam posisi letak kepala ke bawah. Hal ini tidak menimbulkan kesulitan dalam persalinan, kalau posisi satu bayi letak kepala ke bawah dan yang lainnya sungsang, bayi dengan letak kepala ke bawah dilahirkan lebih dulu. karena jalan lahir sudah lebih lebar, melahirkan bayi ke dua akan lebih mudah. kalau ke duanya letak sungsang, atau salah satunya letak lintang, atau jika bayinya terlalu besar, dilahirkan dengan cara bedah caesar akan lebih aman.

Referensi

Stoppard, M. Kehamilan dan persalinan. 2006. Gaya favorit press: Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: