Jari tangan…Bisa jadi sumber penyakit lho moms!!

Satu dari kebiasaan hidup yang merugikan kesehatan berawal dari jemari tangan yang tidak suci hama. Padahal, hanya dengan membiasakan diri mencuci tangan secara benar dan teratur, penyakit dapat dicegah. Mencuci tangan haruslah dengan menggunakan air mengalir dan sabun yang mencakup seluruh permukaan kulit  dan tak ada bagian kulit yang luput dibasuh.

Dengan mencuci tangan yang benar, khususnya penyakit perut (tifus,kolera,disentri), virus hepatitis, flu burung, SARS (severe acute respiratory syndrome) dapat dicegah.

Selain itu dengan membiasakan mencuci tangan dapat mencegah jangkitan sejumlah penyakit virus yang ditularkan melalui pernapasan yang berlangsung saat jari kotor menyentuh lubang hidung. Cara mencegahnya biasakan setelah menyentuh atau membersihkan lubang hidung jari hanya saat anak mandi saja.

Perhatikan kebersihan jari tangan anak selama berada di tempat umum, seperti sekolah, taman bermain, mal, rumah sakit, dan lainnya.

Jemari tangan beresiko tercemar sehabis memegang kursi kelas, mainan di tempat umum, pintu toilet, tombol toilet, dan semua media umum lainnya. Biasakan mencuci tangan anak hingga bersih setelah beraktivitas di tempat umum.

Reference:

Nadesul, Handrawan. Sehat Itu Murah. Penerbit Buku Kompas. Jakarta:2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: