Apakah Alergi Pada Saluran Pernapasan Itu??

Alergi pada saluran pernapasan adalah suatu reaksi alergi yang terjadi pada seseorang dan mengenai bagian pada saluran pernapasannya. bagian-bagian dari saluran pernapasan itu adalah:

1. Hidung

Hidung adalah bagian pertama dari saluran pernapasan yang langsung kontak dengan udara di luar. Dalam rongga hidung ini terdapat rambut dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dan melindungi bagian dalam tubuh.

2. Pangkal tenggorokkan (Laring)

Pangkal tenggorokan ini merupakan sebuah persimpangan antara rongga mulut yang menuju ke kerongkongan dan rongga hidung yang menuju ke tenggorokan.

3. Batang Tenggorokkan (Trakea)

Batang tenggorokan ini letaknya di bagian leher, tepatnya di depan kerongkongan. Bentuknya memanjang seperti pipa sekitar 10cm dan di dalam dinding-dinding pipa tersebut terdapat sel-sel rambut getar dan juga selaput lendir yang berfungsi melindungi tubuh dari partikel-partikel asing yang masuk bersamaan dengan udara yang dihirup. Biasanya bila batang tenggorokan itu bekerja, misalnya menolak adanya benda asing yang masuk tubuh pun bereaksi dengan batuk ataupun bersin.

4. Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)

Cabang batang tenggorokan ini adalah lanjutan batang tenggorokan yang bercabang dua, yang biasanya disebut dengan istilah bronkus. Bronkus ada 2, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri.

5. Paru-paru

Dari cabang batang tenggorokan, udara masuk ke dalam paru-paru. Paru-paru ini terletak di rongga dada di atas sekat diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru juga terdiri dari 2 bagian, yaitu paru kanan dan paru kiri.

Hidung  >>  Laring  >> Trakea  >>  Bronkus  >>  Paru-paru

Ketika faktor allergen mengenai bagian-bagian dari saluran pernapasan tersebut di atas, biasanya terjadilah alergi pada saluran pernapasan.

Biasanya faktor allergen pada alergi saluran pernapasan ini berasal dari partikel-partikel yang masuk bersamaan dengan udara yang dihirup pada saat bernapas, kemudian memberikan reaksi di saluran -saluran pernapasan. Tapi tidak sedikit pula alergi pada saluran pernapasan ini faktor allergennya masuk tidak melalui saluran pernapasan, tetapi melalui saluran pencernaan ataupun kontak dengan kulit. Kemudian sistem kekebalan tubuh bereaksi dan reaksi alergi yang terjadi mengenai bagian-bagian dari saluran pernapasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: