Maag pada Anak

Penyakit maag memang dapat menyerang anak-anak. Timbulnya sakit maag pada anak balita disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi Helicobacter pylori yang masuk melalui makanan, stres pasca operasi, trauma efek samping obat, efek radioterapi, efek samping penyakit pencernaan seperti diare dan trauma sonde yaitu alat selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokkan untuk mengirim makanan ke lambung.

Kuman helicobacter pylori adalah kuman yang dapat menginfeksi lambung dan bagian usus lainnya pada anak balita tanpa menimbulkan gejala yang jelas dan sebagian besar anak balita yang menderita akibat kuman ini tidak memiliki gejala selama hidupnya.

Penularan kuman ini memang belum dapat dipastikan. Faktor lingkungan yang padat dengan kondisi sosial ekonomi yang rendah diduga menjadi penyebab timbulnya kuman helicobacter pylori. Orang tua atau ibu yang terinfeksi memiliki peranan penting dalam penularan kuman ini pada anaknya.

img_20170110_130324

Gejala maag pada anak hampir sama dengan sakit perut pada umumnya yang disertai dengan mual, muntah serta rasa kembung. Dan, apabila diamati, pusat sakit berasal dari daerah lambung ke atas, mulai dari ulu hati hingga ke rongga dada. Apabila sakitnya bertambah parah, akan disertai rasa terbakar pada dada. Ciri lainnya adalah ketika anak muntah disertai darah yang mirip kopi, darah ini terkena asam lambung akibat luka pada lambung. Selain itu, jika anak terlihat tidak nafsu makan, lemah serta mengalami penurunan berat badan maka harus diwaspadai anak terkena sakit maag. Gejala sakit maag ini, biasanya timbul atau mulai terasa pada malam hari.

Jangan biarkan hal ini terus berlanjut, bawalah segera anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pertolongan dan dokter akan memberikan antacida untuk meredakan gejala serta antibiotik jika ditemukan adanya infeksi bakteri

Sumber :

dr. Suci dwi putri (Klikdokter.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: